Raga maulana wahyu saputra
16.11.0269
Abstrak
Mengapa saya mengambil judul karya ilmiah “Web : Masa Depan yang Belum
Punah” ? Karena menurut saya web mengalami terus perkembangan baik di sisi
informasi, tampilan, dan akses terhadap informasi tersebut. Web menjadi wadah
atau media yang menampung informasi yang diperlukan seseorang. Berdasarkan
pengalaman saya, bisnis di bidang web sangat menguntungkan dan menjanjikan. Ini
dapat terlihat semakin banyak orang memerlukan web untuk memasarkan produk atau
hanya sebagai referensi sebuah informasi.
Bisnis ini hanya cukup mempelajari bahasa pemrograman HTML (Hypertext
Markup Language) sebagai strukturnya, CSS (Cascading Style) sebagai
mempercantik tampilan, dan PHP (Hypertext Preprocessing) untuk pengembangannya
(menambahkan, mengedit dan menghapus posting dan konten).
Untuk menjalankan bisnis ini tidak memerlukan modal yang sangat besar.
Cukup seperangkat komputer/laptop, perangkat lunak yang mendukung web (browser,
editor dan lain – lain), dan koneksi yang memadai. 3 hal dasar tersebut dimulai
dari status sebagai freelancer (bisa bekerja dimana pun dan kapan pun) dan bila
sudah berkembang nantinya, bisnis jasa pelayanan ini bisa merambah kepada
hosting, pembelian domain, desain dan sebagainya. Bisnis web juga bisa
dipasarkan secara online sehingga klien atau pelanggan tidak perlu mendatangi
kita untuk meminta dibuatkan sebuah web. Kemudahan teknologi saat ini berdampak
pada keuntungan web itu tadi. Jadi, bisnis jasa pelayanan web tidak akan punah
menurut saya selama web itu sendiri menjadi salah satu akses tercepat menuju
informasi yang up-to-date.
Memahami website
Apa itu website? Website atau situs dapat
diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data
gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari
semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu
rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi
website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik
website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah,
dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna
website.
Di zaman sekarang tidak ada yang tidak tau apa itu website, karena apa di
zaman sekarang ini kebanyakan orang mencari informasi dari dari internet / mbah
google. di google itu sendiri banyak sekali website-website yg tersedia disana,
entah itu website tentang pendidikan, otomotif, olahraga, dan masih banyak lagi
situs informasi yang bisa kita dapatkan disana. Google salah satu web
terbesar dan bertindak sebagai mesin pencari. Apapun informasi yang kita
perlukan, Google akan menjawab semuanya. Di dunia ini, ada banyak sekali situs
web yang online (mengudara). Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992.
Untuk lebih lanjutnya, kalian bisa berkunjung ke Google.
Mengapa saya membahas website ? Ya inilah yang akan saya
jelaskan mengenai peluang bisnis. Berbisnis di bidang website untuk zaman
sekarang bisa dibilang cukup menguntungkan. Karena web sebagai media informasi,
orang akan membuat web untuk memberitahukan dirinya atau pun sesuatu kepada si
pengunjung web. Anda mengenal Mark Zuckerberg ? Dialah sang pencipta
Facebook. Mark awalnya membuat Facebook untuk kalangan mahasiswa Universitas
Harvard saja. Kurang lebih dalam 1 bulan, web Facebook sudah
mencapai melebihi 1 juta pengguna. Mungkin saat ini, pengguna
Facebook sudah mencapai puluhan juta lebih.
Peluang bisnis website sangat nyata. Bila bisa berkembang dan menjadi usaha
yang besar, maka keuntungan juga berlipat ganda.
Bagaimana untuk membuka usaha web ? langkah pertama adalah
mempunyai laptop atau PC, segudang software yang diperlukan, dan orang yang
memang mahir di bidangnya. Itulah pondasi dari usaha web. Tidak perlu modal
besar. Kalian bisa bekerja dimana pun sesuka kalian.
Sebelum kalian membangun usaha (apapun usahanya), setidaknya kalian harus
mengenal prinsip analisis SWOT. Berikut penjelasannya.
Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan
atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha
penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan
jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa
situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran).
Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor
masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu
hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa
SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk
menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib
yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
- Strenght (S) Yaitu
analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari
suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang perlu di
lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi
perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para
pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam
teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen
pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih
maju.
- Weaknesses (W) Yaitu
analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari
suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara
menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang
menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau
organisasi.
- Opportunity (O) Yaitu
analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu
organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi
organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun
terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa
berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
- Threats (T) Yaitu analisis
ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh
suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor
lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi
yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut
akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa
sekarang maupun masa yang akan datang.
Kesimpulannya dari analisis diatas bahwa kita harus tahu kekuatan atau
kelebihan kita sebagai tombak agar bisa menarik konsumen dan percaya akan
kualitas kita. Namun, disamping itu ada beberapa hal yang menjadi ancaman
kita dan harus dapat diantisipasi. Setiap usaha pasti mempunyai kekurangan
atau kelemahan. Sekarang dari kita sendiri bagaimana kita
menyikapi kekurangan itu dan berusaha untuk menutupinya.
Refrensi :
- http://www.boc.web.id/pengertian-website-webhosting-domainname/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
- http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html
0 comments:
Post a Comment