Friday, February 24, 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS WEBSITE

Raga maulana wahyu saputra
16.11.0269

Abstrak

Mengapa saya mengambil judul karya ilmiah “Web : Masa Depan yang Belum Punah” ? Karena menurut saya web mengalami terus perkembangan baik di sisi informasi, tampilan, dan akses terhadap informasi tersebut. Web menjadi wadah atau media yang menampung informasi yang diperlukan seseorang. Berdasarkan pengalaman saya, bisnis di bidang web sangat menguntungkan dan menjanjikan. Ini dapat terlihat semakin banyak orang memerlukan web untuk memasarkan produk atau hanya sebagai referensi sebuah informasi.

Bisnis ini hanya cukup mempelajari bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Language) sebagai strukturnya, CSS (Cascading Style) sebagai mempercantik tampilan, dan PHP (Hypertext Preprocessing) untuk pengembangannya (menambahkan, mengedit dan menghapus posting dan konten).

Untuk menjalankan bisnis ini tidak memerlukan modal yang sangat besar. Cukup seperangkat komputer/laptop, perangkat lunak yang mendukung web (browser, editor dan lain – lain), dan koneksi yang memadai. 3 hal dasar tersebut dimulai dari status sebagai freelancer (bisa bekerja dimana pun dan kapan pun) dan bila sudah berkembang nantinya, bisnis jasa pelayanan ini bisa merambah kepada hosting, pembelian domain, desain dan sebagainya. Bisnis web juga bisa dipasarkan secara online sehingga klien atau pelanggan tidak perlu mendatangi kita untuk meminta dibuatkan sebuah web. Kemudahan teknologi saat ini berdampak pada keuntungan web itu tadi. Jadi, bisnis jasa pelayanan web tidak akan punah menurut saya selama web itu sendiri menjadi salah satu akses tercepat menuju informasi yang up-to-date.

Memahami website

Apa itu website? Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.

Di zaman sekarang tidak ada yang tidak tau apa itu website, karena apa di zaman sekarang ini kebanyakan orang mencari informasi dari dari internet / mbah google. di google itu sendiri banyak sekali website-website yg tersedia disana, entah itu website tentang pendidikan, otomotif, olahraga, dan masih banyak lagi situs informasi yang bisa kita dapatkan disana. Google salah satu web terbesar dan bertindak sebagai mesin pencari. Apapun informasi yang kita perlukan, Google akan menjawab semuanya. Di dunia ini, ada banyak sekali situs web yang online (mengudara). Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992. Untuk lebih lanjutnya, kalian bisa berkunjung ke Google.  

Mengapa saya membahas website ? Ya inilah yang akan saya jelaskan mengenai peluang bisnis. Berbisnis di bidang website untuk zaman sekarang bisa dibilang cukup menguntungkan. Karena web sebagai media informasi, orang akan membuat web untuk memberitahukan dirinya atau pun sesuatu kepada si pengunjung web. Anda mengenal Mark Zuckerberg ? Dialah sang pencipta Facebook. Mark awalnya membuat Facebook untuk kalangan mahasiswa Universitas Harvard saja. Kurang lebih dalam 1 bulan, web Facebook sudah mencapai  melebihi 1 juta pengguna. Mungkin saat ini, pengguna Facebook sudah mencapai puluhan juta lebih.

Peluang bisnis website sangat nyata. Bila bisa berkembang dan menjadi usaha yang besar, maka keuntungan juga berlipat ganda. 

Bagaimana untuk membuka usaha web ? langkah pertama adalah mempunyai laptop atau PC, segudang software yang diperlukan, dan orang yang memang mahir di bidangnya. Itulah pondasi dari usaha web. Tidak perlu modal besar. Kalian bisa bekerja dimana pun sesuka kalian.
  
Sebelum kalian membangun usaha (apapun usahanya), setidaknya kalian harus mengenal prinsip analisis SWOT. Berikut penjelasannya.

Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
  • Strenght (S) Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
  • Weaknesses (W) Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
  • Opportunity (O) Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
  • Threats (T) Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.
Kesimpulannya dari analisis diatas bahwa kita harus tahu kekuatan atau kelebihan kita sebagai tombak agar bisa menarik konsumen dan percaya akan kualitas kita. Namun, disamping itu ada beberapa hal yang menjadi ancaman kita dan harus dapat diantisipasi. Setiap usaha pasti mempunyai kekurangan atau kelemahan. Sekarang dari kita sendiri bagaimana kita menyikapi kekurangan itu dan berusaha untuk menutupinya.

Refrensi : 
  • http://www.boc.web.id/pengertian-website-webhosting-domainname/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
  • http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html

0 comments:

Post a Comment